Sisi Lain

Food & Drink Blogs
Diberdayakan oleh Blogger.

11 Okt 2011

| 0 komentar
Saya membaca sesuah curahan hati seseorang dari internet tentang musik sebagai bahasa universal ataukah musik bukan bahasa universal. Alasannya yaitu:

Pertama, musik sendiri adalah bukan bahasa tetapi suara, voice, atau sound. Betul bahwa suara dapat digunakan dalam suatu komunikasi sehingga menjadi bahasa. Tetapi itu tidak otomatis bahwa musik merupakan bahasa karna musik adalah bentuk khusus dari suara yang dalam bahasa musik di sebut nada atau tone kata orang Inggris. Sedangkan suara yang digunakan dalam komunikasi atau berbahasa, tidak memiliki nada layaknya musik dengan teori-teori harmoni tertentu.

Kedua, kalau toh musik tetap adalah bahasa universal, kenapa PBB tidak memanfaatkannya sebagai bahasa utama dalam sidang-sidangnya? Bukankah ini memudahkan komunikasi dengan semua utusan atau delegasi yang datang dari negara-negara dengan bahasa yang berbeda?

Ketiga, musik jika dipaksakan juga untuk menjadi bahasa, tidak terbayangkan betapa kacaunya hidup ini. Bagaimana caranya saya harus mengatakan 'ini gunung' dengan bahasa musik? Bagaimana seandainya ternyata tidak dipahami sebagai 'ini gunung' tetapi 'kambingku gemuk'? Tentu orang yang mengartikan 'ini kambing gemuk' tidak bisa disalahkan karna memang musik tidak bisa berbahasa sehingga tidak akan mampu untuk menerangkan sesuatu secara jelas.

Keempat, jika musik adalah bahasa universal, kenapa juga musik terbagi dalam kotak jazz, dangdut, rock, pop, keroncong, klasik, tradisional Sunda, Afrika, Irlandia, Ambon, Bali, dan bermiliar-miliar kotak lainnya? Bukankah kotak-kotak ini menunjukan juga bahwa musik bukan sesuatu yang universal? Bagaimana mungkin Twilight Orchestra akan memainkan musik di tengah-tengah suku-suku Irian Jaya dengan alasan musik adalah bahasa universal?

Dari empat alasan tersebut saya juga bingung apakah musik memang bahasa universal ataukah hanya bunyi-bunyian yang hanya dapat dimengerti oleh beberapa orang???????????????

0 komentar:

Posting Komentar

PENTING!
Komentar Sobat Menjadi Jalan Bagi Saya Untuk Mengunjungi Blog Sobat