Sisi Lain

Food & Drink Blogs
Diberdayakan oleh Blogger.

6 Feb 2013

| 2 komentar
Tombol Facebook

Pada November 2012 lalu, Banyak situs web / blog yang menjadikan raksasa jejaring sosial "facebook" sebagai topik pembahasan mereka. Dari sekian banyak web / blog tersebut intinya sama, yaitu "Facebook menguji tombol baru".Tombol yang dimaksud adalah tombol "Reply" untuk Komentar pada status facebook.

Sebenarnya pada Oktober 2012 facebook juga telah menguji coba 2 tombol, yaitu tombol "want" dan tombol "collect". Kedua tombol ini dibuat untuk memperkuat peranan Facebook dalam e-commerce. Tombol ‘want’ dipilih jika pengguna Facebook menginginkan produk yang  mereka lihat. Sedangkan tombol ‘collect’ digunakan oleh pengguna Facebook untuk menciptakan daftar virtual dari barang-barang yang mereka inginkan. Dengan demikian maka perusahaan dapat mengetahui produk apa yang paling diminati oleh konsumen.

Akan tetapi, menurut saya ada tombol yang sangat penting yang tidak diperhatikan oleh pengembang facebook. Tombol tersebut menjadi sesuatu yang sangat perlu karena fungsinya, dan tidak dapat diwakilkan oleh tombol lain. 

Contoh kasus betapa pentingnya tombol tersebut:
Innalillahi Wa Inna Ilaihirrajiun, tetalah meninggal xxx dst,,,
Tidak sedikit orang yang membaca status semisal dengan itu, lalu memilih tombol "Like/Suka", sebagai ungkapan turut berduka. Tapi ini akan membawa dampak yang kurang baik, seakan akan sederet orang yang me-like status tersebut merasa senang atas kejadian itu, padahal sebenarnya mereka memilih itu sebagai ungkapan duka cita.

Pihak pengembang facebook sepertinya tidak mengantisipasi hal seperti ini. Jadi inilah yang saya maksud pada judul diatas bahwa "Facebook Membutuhkan Tombol ini", Namun saya agak bingung dalam menentukan apa nama yang cocok untuk tombol tersebut. Ada yang bisa membantu memberi nama?



2 komentar:

  1. salam BLOGGER dan salam kenal dari blogger asal kota padang, sumatra barat.
    maaf,saya masih Newbie

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal balik, terimakasih telah berkunjung di blog sederhana ini.

      Hapus

PENTING!
Komentar Sobat Menjadi Jalan Bagi Saya Untuk Mengunjungi Blog Sobat