Sisi Lain

Food & Drink Blogs
Diberdayakan oleh Blogger.

20 Nov 2013

| 0 komentar
Sahabat, kali ini saya akan share sedikit tentang Nomor Induk Siswa Nasional. Saya menulis artikel ini karena beberapa waktu lalu, seorang saudara sepupu saya yang duduk di SMAN 1 Topoyo-Mamuju Tangah, bermasalah dengan NISN yang membuat saya mencari informasi seputar NISN tersebut. Dan saya sangat yakin masih banyak Siswa/Pelajar  dengan masalah yang sama tersebut. Maka dari itu, saya akan memberikan sedikit informasi tentang NISN.

Penjelasan Singkat NISN (Nomor Induk Siswa Nasional)

NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) merupakan layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara nasional yang dikelola oleh Pusat Data dan Statistik  Kemdiknas yang merupakan bagian dari program Dapodik (Data Pokok Pendidikan) Kementerian Pendidikan Nasional. Layanan NISN menerapkan sistem komputerisasi yang terpusat dan online untuk pengelolaan nomor induk siswa skala nasional sesuai Standar Pengkodean yang telah ditentukan. 

Setiap siswa yang terdaftar pada Layanan NISN akan diberi kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar dan berlaku sepanjang masa yang membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah se-Indonesia. Mekanisme penentuan dan pemberian kode pengenal identitas siswa tersebut prosesnya dilakukan secara otomatis oleh mesin komputer pada Pusat Layanan NISN. 

Penentuan dan pemberian kode pengenal identitas siswa tersebut berdasarkan pengajuan atau masukan (entry) sumber data siswa yang telah divalidasi/diverifikasi oleh setiap sekolah dan atau Dinas Pendidikan Kota/Kabupaten secara online.. Hasil dari proses pemberian kode identifikasi oleh Pusat Sistem NISN tersebut ditampilkan secara terbuka dalam batasan tertentu melalui situs NISN

Tujuan dan Manfaat Nomor Induk Siswa Nasional

  1. Mengidentifikasi setiap individu siswa (peserta didik) di seluruh sekolah se-Indonesia secara standar, konsisten dan berkesinambungan.
  2. Sebagai pusat layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara online bagi Unit-unit Kerja di Kemdiknas, Dinas Pendidikan Daerah hingga Sekolah yang bersifat standar, terpadu dan akuntabel berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terkini.
  3. Sebagai sistem pendukung program Dapodik dalam pengembangan dan penerapan program-program perencanaan pendidikan, statistik pendidikan dan program pendidikan lainnya baik di tingkat pusat, propinsi, kota, kabupaten hingga sekolah, seperti: BOS (Bantuan Operasional Sekolah), Ujian Nasional, Pangkalan Data dan Informasi Pendidikan, Sistem Informasi Manajemen Sekolah hingga Beasiswa. 
Jika belum mempunyai NISN

Tampilan pada tab Formulir Pengajuan NISN
Bagi yang belum memiliki atau ada masalah dengan NISN, maka sebaiknya melakukan pengurusan di sekolah dasar (SD) tempat yang bersangkutan dulu tamat. Namun jika terdapat kendala mungkin karena jarak antara sekolah yang sekarang dengan sekolah yang dulu (SD) cukup jauh (luar kota dll), maka dapat melakukan cek di situs NISN kemendiknas http://nisn.data.kemdiknas.go.id. 
Jika memang belum terdaftar, maka dapat dilakukan pendaftaran sendiri di website tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar

PENTING!
Komentar Sobat Menjadi Jalan Bagi Saya Untuk Mengunjungi Blog Sobat