Sisi Lain

Food & Drink Blogs
Diberdayakan oleh Blogger.

1 Des 2011

| 0 komentar
Pagi hari adalah waktu yang paling pas untuk ngopi, sembari mempersiapkan diri tuk beraktifitas, namun bukan berarti waktu-waktu yang lain kurang cocok. Sebenarnya sich tergantung pada diri masing-masing penikmat kopi. Terbukti banyak warung-warung kopi yang penuh sesak pengunjung, tanpa kenal waktu. Pada akhir-akhir ini warung-warung kopi kini menjadi hal yang biasa bagi masyarakat indonesia, status social tidak menjadi pembatas bagi para penikmat kopi

Berbagai kegiatan dapat dilakukan di warung kopi, mulai dari sekedar murni ngopi, bertemu dengan teman lama, bertemu dengan kolega bisnis, ngumpul politik ataupun berdiskusi masalah-masalah yang actual. 

Yach ngopi telah berubah, yang tadinya minuman rumahan, kini menjadi minuman yang disajikan di hampir semua tempat, bahkan tidak menutup kemungkinan tempat-tempat mangkal malam atau THM-THM pun akan menyediakan kopi sebagai menunya. Kalau menurut saya sich, daripada mangkal di THM, mending mangkal di warung kopi, selain HALAL juga bermampaat.

Berikut adalah mamfaat kunsumsi kopi (Ngopi)

  • Kopi dapat mengurangi resiko terkena pengakit Parkinson. Parkinson adalah penyakit degeneratif syaraf. Pada mulanya Parkinson muncul sebagai tremor (gemetar) tangan ketika sedang beristirahat. Pada awalnya tremor terjadi pada satu tangan, akhirnya akan mengenai tangan lainnya, lengan dan tungkai. Pada Akhirnya otot-otot akan kaku, sehingga sangat sulit untuk beraktifitas.

  • Kopi dapat membantu meningkatkan memori jangka pendek manusia. Hal ini terutama disebabkan karena kafein bereaksi secara kimiawi, menstimulasi dan membantu untuk menangkap dan fokus terhadap informasi yang diterima.

  • Kopi dapat membantu meredakan sakit kepala, Kandungan kafein dapat membantu meningkatkan efek obat-obatan yang berfungsi untuk menghilangkan rasa sakit sementara seperti aspirin, midol dan excedrin. Itulah sebabnya banyak dari obat sakit kepala dan migran mengandung kafein dalam jumlah kecil.

  • Kopi merupakan antioksidan efektif. Antioksidan adalah substansi yang diperlukan tubuh untuk menetralisir radikal bebas and mencegah kerusakan yang ditimbulkan oleh radikal bebas terhadap sel normal, protein, dan lemak. Antioksidan menstabilkan radikal bebas dengan melengkapi kekurangan elektron yang dimiliki radikal bebas, dan menghambat terjadinya reaksi berantai dari pembentukan radikal bebas yang dapat menimbulkan stres oksidatif. Ada beberapa bentuk antioksidan, di antaranya vitamin, mineral, dan fitokimia. Berbagai tipe antioksidan berkerja bersama dalam melindungi sel normal dan menetralisir radikal bebas.

  • Kopi merupakan diuretic yang baik. Minum kopi membuat orang lebih sering buang air kecil. Ini bagus untuk membantu tubuh membuang semua zat-zat ataupun kandungan yang sudah tidak diperlukan lagi oleh tubuh.

  • Kopi juga membantu mengurangi resiko terkena batu ginjal.
Dosis konsumsi Kopi yang wajar

Florida Alzheimer’s Disease Research Center, menyebutkan dosis kopi yang di konsumsi secara wajar setiap hari adalah sebanyak 500 milligram kafein atau sama dengan 5 cangkir ukuran 236,5 mililiter kopi. Takaran ini disebutkan tidak berbahaya bagi kesehatan namun, itu di peruntukkan untuk orang yang tidak mengidap darah tinggi dan wanita hamil. 

So, jangan kelewatan ngopi karena yang berlebihan pasti punya efek negatif.
Met ngopi!

0 komentar:

Posting Komentar

PENTING!
Komentar Sobat Menjadi Jalan Bagi Saya Untuk Mengunjungi Blog Sobat