Sisi Lain

Food & Drink Blogs
Diberdayakan oleh Blogger.

23 Okt 2011

| 0 komentar
Matematika merupakan ilmu universalyang mendasari perkembangan teknologi modern, mempunyai peran penting dalamberbagai disiplin ilmu, dan mengembangkan daya piker manusia. Perkembanganpesat di bidang teknologi informasi dan komunikasi dewasa ini juga dilandasioleh perkembangan matematika di bidang teori bilangan, aljabar, analisis, teoripeluang dan matematika diskrit. Untuk menguasai dan menciptakan teknologi dimasa depan, diperlukan penguasaan matematika yang kuat sejak dini.

Atas dasar itu, pelajaran matematikaperlu diberikan pada sumua peserta didik sedini mungkin, untuk membekalipeserta didik dengan kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis,kreati, dan kemampuan bekerjasama.

Secara detail, dalam PeraturanMenteri Pendidikan Nasional RI Nomor 22 Tahun 2006, dijelaskan bahwa tujuan pendidikan matematika di sekolah adalah agar peserta didik memiliki kemampuansebagai berikut.
  1. Memahami konsep matematika, menjelaskan keterkaitan antarkonsep danmengaplikasikan konsep atau algoritma secara luwes, akurat, efisien, dan tepatdalam pemecahan masalah.
  2. Menggunakan penalaran pada pola dan sifat, malakukan manipulasi matematikadalam membuat generalisasi, menyusun bukti, atau menjeaskan gagasan danpernyataan matematika.
  3. Memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancangmodel matematika,menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diperoleh.
  4. Mengomunikasikan gagasan dengan symbol, table, diagram, atau media lainuntuk memperjelas keadaan atau masalah.
  5. Memiliki sikap menghargai kegunaanmatematika dalam kehidupan, yaitu memiliki rasa ingin tahu, perhatian dan minatdalam mempelajari matematika, serta sikap ulet dan percaya diri dalam pemecahanmasalah.

0 komentar:

Posting Komentar

PENTING!
Komentar Sobat Menjadi Jalan Bagi Saya Untuk Mengunjungi Blog Sobat