Advertisement

Responsive Advertisement

Tujuan Pendidikan Matematika


Dalam garis-garis besar program pembelajaran (GBPP) matematika dewasa ini yang dipakai dikemukakan bahwa:
Tujuan umum diberikannya matematika dijenjang pendidikan dasar dan pendidikan umum adalah:
  • Mempersiapkan siswa agar sanggup menghadapi perubahan kedalam kemidupan dunia yang selalu berkembang, melalui latihan bertindak atas dasar pemikiran secara logis, rasional, kritis. Cermat, jujur, efektif dan efisien.
  • Mempersiapkan siswa agar dapat menggunakan matematika dan pola piker matematika dalam kehidupan sehari-hari dan dalam mempelajari berbagai ilmu pengetahuan.

Sedang dalam GBPP matematika yang khusus dalam pendidikan dasar yang dewasa ini dipakai dikemukakan bahwa Tujuan khusus pengajaran matematika disekolah dasar (SD) adalah:
  • Menumbuhkan dan mengembangkan keterampilan berhitung (menggunakan bilangan) sebagai alat dalam kehidupan sehari-hari.
  • Menumbuhkan kemampuan siswa, yang dapat dialihgunakan, melalui kegiatan matematika.
  • Mengumbangkan pengetahuan dasar matematika sebagai bekal belajar lebih lanjut di sekolah lanjutan tingkat pertama (SLTP).
  • Membentuk sikap logis, kritis, cermat, kreatif dan disiplin.

Selanjutnya tujuan khusus pengajaran matematika di sekolah tingkat lanjutan pertama adalah:
  • Memiliki kemampuan siswa, yang dapat dialihgunakan, melalui kegiatan matematika.
  • Memiliki pengetahuan matematika sebagai bekal untuk melanjutkan ke pendidikan menengah.
  • Mempunyai keterampilan matematika sebagai peningkatan dan perluasan dari matematika sekolah dasar untuk dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
  • Mempunyai pandangan yang cukup luas dan memiliki sikap logis, kritis, cermat, kreatif dan disiplin serta menghargai kegunaan matematika.

Selain itu dalam GBPP Matematika yang khusus untuk sekolah menengah umum yang dewasa ini dipakai dikemukakan bahwa tujuan khusus pengajaran matematika adalah:
  • Siswa mengetahui pengetahuan matematika sebagai bekal untuk melanjutkan pendidikan kependidikan tinggi.
  • Siswa memiliki keterampilan matematika sebagai peningkatan matematika pendidikan dasar untuk dapat digunakan kehidupan yang lebih luas (dunia kerja) maupun dalam kehidupan sehari-hari.
  • Siswa mempunyai pandangan yang lebih luas serta memiliki sikap menghargai kegunaan matematika, sikap kritis objektif, terbuka, kreatif serta inovatif.
  • Siswa memiliki kemampuan yang dapat dialihgunakan (transferable) melalui kegiatan matematika.

Post a Comment

0 Comments