Sisi Lain

Food & Drink Blogs
Diberdayakan oleh Blogger.

23 Sep 2012

| 7 komentar
Sahabat MullSi,,, Pada kesempatan kali ini saya akan share tentang Tanaman Kakao (Cokelat), tepatnya penanggulangan Hama Penggerek Buah Kakao dan penyakit yang menyerang Buah kakao yang sangat merugikan Petani Kakao pada khususnya dan negara pada umumnya, dengan judul "Basmi Hama & Penyakit Kakao dengan Insektisida Penalty 50 SC". 

Tanaman Kakao merupakan salah satu tanaman yang sangat penting, buktinya pemerintah mencanangkan program khusus untuk tanaman kakao. Namanya Gernas Kakao (Mohon maaf kalau salah), tujuannya yah apalagi kalau bukan untuk mengembangkan dan meningkatkan produksi kakao di indonesia. 

Apa yang dilakukan oleh pemerintah dalam hal ini membantu para petani kakao, kini dihadapkan dengan fakta bahwa banyak petani kakao yang memulai atau bahkan telah meninggalkan kakao, dan beralih ke Kelapa Sawit. Sebab utamanya adalah buah kakao sangat rentan terhadap serangan Hama dan Penyakit. Hal ini yang terjadi di Kec Topoyo, Kab, Mamuju-Sulawesi Barat. Kebanyakan petani telah menebang habis tanaman Kakao miliknya dan menggantinya dengan tanaman Kelapa Sawit.

Penyarungan Buah Kakao
Kembali ke Soal Hama dan Penyakit Kakao yang semakin menjadi-jadi, salah satunya adalah Hama PBK (Penggerek Buah Kakao). Direktorat Perlindungan Perkebunan Departmen Pertanian merekomendasikan aplikasi penyarungan atau kondomisasi (membungkus buah kakao dengan plastik), karena di Sulawesi Utara, Kalimantan Timur dan Maluku berhasil menekan serangan PBK dari sekitar menjadi 80 % menjadi kurang dari 1 %.

Akan tetapi bukan itu yang saya rekomendasikan, mengapa? jawabannya karena ribet dilakukan. Secara teori itu mudah dilakukan tetapi butuh waktu yang lama saat pelaksanaannya. Bayangkan jika harus membungkus Buah kakao yang luasnya diatas 1 Hektar, saya jamin pasti akan sangat membosankan.

Insektisida Penalty; Basmi Hama Kakao
Nah Sahabat! Sesuai dengan pengalaman saya, saya merekomendasikan untuk menggunakan "Insektisida Penalty 50 SC". Pada kemasan Insektisida ini tertulis "Insektisida dan zat pengatur tumbuh sistemik berbentuk suspensi berwarna putih berdaya racun kontak dan lambung untuk mengendalikan hama pada tanaman Kentang", Jangan heran karena saya dan petani-petani lainya telah menggunakan Insektisida ini pada tanaman kakao, dan hanya dengan 3 kali pengaplikasian (penyemprotan) hasilnya sudah bisa dinikmati dan kami puas atas hal itu.

Penggunaan Insektisida "Penalty 50 SC" untuk Kakao
Pada saat penyemprotan pertama, saya menggunakan pernadingan 20 ml Penalty/15 liter air. Penyemprotan kedua saya lakukan seminggu kemudian. Penyemprotan ketiga dan seterunya dilakukan dengan frekuensi 14 hari sekali. [Gunakan Dosis sesuai kebutuhan, atau konsultasikan dengan petugas pertanian setempat].

Selamat mencoba, Jayalah petani Indonesia.

7 komentar:

  1. Sobatku,selama ini saya pakai ALiKA untuk membasmi hama kakao,tetpi tetap saja banyak hamanya,dan saya akan coba insektisida Penalti 50 SC

    Salam
    Alimin
    Petani Kakao di Malili (sul-Sel)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau Alika, saya justru baru tau ada Insektisida Alika. Penalty itu sistemik, bahan aktifnya meresap masuk ketanaman, sangat cocok untuk membasmi Hama PBK buah Cokelat (Kakao) dijamin bebas dari buah membatu hehehe. Salam balik juga, semoga sukses

      Hapus
  2. TAPI diwilyah saya Penalti 50 SC belum ada lo ....gimana solusinya ya ..................

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau tidak ada Penalty, kang Abdul bisa pake Regetn, atau Insektisida lain dengan kandungan aktif Fipronil

      Hapus
  3. bagemana cara pesannya? N harganya berapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harga di daerah saya Rp 115 ribu rupiah per 500ml, kalau di daerah lain saya tidak tau. Trus kalau mau pesan, silahkan hubungi toko tani terdekat hehehe,,,

      Hapus
  4. aku uds coba alika.memang sangat bagus untuk hama pbk.namun hrgax sangat mahal di daerah sya.skrg sya coba penalty bagus juga dan hrgax brsahabat.200 mltr 65rb.klo alika 135rb.trims.itu saja info dri sya

    BalasHapus

PENTING!
Komentar Sobat Menjadi Jalan Bagi Saya Untuk Mengunjungi Blog Sobat