Sisi Lain

Food & Drink Blogs
Diberdayakan oleh Blogger.

30 Nov 2011

| 0 komentar
Kapurung Saji
Kapurung adalah salah satu makanan tradisional non beras. Makanan ini terbuat dari sari atau tepung sagu. Di Sulawesi Selatan, khususnya masyarakat daerah Luwu nama Kapurung ini sering juga disebut Pugalu, Bugalu (Enrekang). Di daerah Sulawesi Tenggara (Suku Tolaki dan Suku Moronene) makanan ini dikenal sebagai Sinonggi. Di daerah Papua dan Maluku dikenal dengan nama Papeda

Sebenarnya makanan ini pada zaman dulu adalah merupakan makanan pokok, mamun seiring waktu berjalan, makanan ini tergusur oleh Nasi dari Beras. Namun di beberapa daerah makanan ini masih tetap dipertahankan sebagai makanan pokok khususnya Papua dan Maluku.

Tepung Sagu
Tepung sagu (bahan baku utama Kapurung) kaya akan karbohidrat (pati), namun sangat miskin gizi lainnya. Ini terjadi akibat kandungan tinggi pati di dalam teras batang sagu maupun proses pemanenannya. Seratus gram sagu kering setara dengan 355 kalori. Di dalamnya rata-rata terkandung 94 gram karbohidrat, 0,2 gram protein, 0,5 gram serat, 10 mg kalsium, 1,2 mg besi, dan lemak, karoten, tiamin, dan asam askorbat dalam jumlah sangat kecil.

Pohon Sagu
Karena kandungannya sangat miskin Gizi, sehingga Kapurung harus disajikan dengan campuran ikan atau daging sebagai sumber protein, dan aneka sayuran sebagai sumber vitamin dan mineral. Kapurung juga kadang disajikan bersama cacahan mangga mengkal, bumbu-bumbu, seperti kacang tanah goreng yang dihaluskan, bawang putih, garam, dan penyedap lainnya sebagai penambah selera.
Di Papua dan Maluku, Kapurung (Papeda) biasanya disantap bersama kuah kuning, yang terbuat dari ikan tongkol atau ikan mubara dan dibumbui kunyit dan jeruk nipis.

Meski makanan tradisional, Kapurung mulai populer. Selain ditemukan di warung-warung khusus di kota Makassar juga telah masuk ke beberapa restoran, bersanding dengan makanan modern. 

Makanan ini selain Lezat dan bergizi, yang paling penting adalah makanan ini 100% halal



0 komentar:

Posting Komentar

PENTING!
Komentar Sobat Menjadi Jalan Bagi Saya Untuk Mengunjungi Blog Sobat