Sisi Lain

Food & Drink Blogs
Diberdayakan oleh Blogger.

8 Feb 2012

| 0 komentar
Kepulauan Bangka Belitung,  Propinsi dengan wilayahnya dominan terdiri dari wilayah lautan, membuat daerah ini menjadikan aneka hasil-hasil laut sebagai aneka produk olahan yang khas.  

Aneka olahan hasil laut khas kuliner Bangka Belitung,yaitu Cumi kering, Ikan kering, Cacing laut atau Wak-wak kering, Udang kering, Siput Gung-gung, Teripang, Sirip Hiu, Rusip, Kecalok, Pekasem. Kemudian aneka makanan hasil olahan hasil laut seperti Keretek, Kempelang, Kericu, Kerupuk, Sambel Lingkung, Terasi, Otak-otak, Empek-empek, Lakso, Bergo dan Pantiau.

Lempah Kuning
Dari sekian banyak olahan hasil laut yang dimiliki oleh kepulauan bangka belitung, terdapat satu kuliner yang menjadi Masakan khas tradisional yang terkenal. Masakan tersebut adalah Lempah Kuning. Lempah ini merupakan makanan yang khas dan menjadi makanan utama dalam keluarga dan masyarakat, juga menjadi makanan dalam upacara adat dan keagamaan.

Dalam tradisi masyarakat Pangkal pinang yang disebut Sepintu Sedulang, segala sesuatu dikerjakan secara bersama -sama, biasanya sebelum melakukan suatu pekerjaan atau hajatan besar atau setelah bekerja bersama, masakan Lempah Kuning adalah lauk pauk utama yang dimasak bersama dan dimakan bersama - sama. Disamping itu disajikan juga Lempah Darat atau Lempah Bumbu Tiga (Terasi atau Belacan, Cabe Rawit dan Garam sebagai bumbu) dijadikan sebagai lauk pauk pelengkap. Dari bumbu yang digunakan dengan komposisi tiga bahan di atas menggambarkan bahwa masyarakat Pangkal pinang Bangka Belitung adalah masyarakat yang praktis serta tidak rumit, sangat menghargai waktu, hemat dan ekonomis. Untuk makanan pelengkap biasanya pada siang hari di hidangkan Kue Cacak untuk menghilangkan dahaga atau haus sebagai makanan ringan pendamping kopi dan teh.

0 komentar:

Posting Komentar

PENTING!
Komentar Sobat Menjadi Jalan Bagi Saya Untuk Mengunjungi Blog Sobat