Jan 5, 2012

Mengkonsumsi Mie Instan Dengan Aman

Cara aman mengkonsumsi Mie Instan agar terhindar dari dampak-dampak yangtidak di inginkan

1. Tidak Menggunakan Kuah Rebusan Pertama
Banyak orang yang percaya bahwa air rebusan pertama mi instant mengandungberbagai bahan pengawet yang bisa membahayakan kesehatan tubuh bagi yangmemakannya. Yang lumayan aman adalah dengan mengonsumsi mie goreng instankarena tidak perlu menggunakan air rebusannya. Jika makan mie rebus sebaiknyaair pertama yang dipakai merebus dibuang lalu isi air kembali untuk merebusulang hingga matang.

2. Tidak Memakai Kecap dan Sambal Bawaan Mie Instant
Kasus mie instan lokal kita di luar negeri memperlihatkan adanya zatpengawet dalam kecap dan mungkin juga di dalam saus sambal yang disisipkandalam bungkus kemasan mi instan. Kurangnya keterbukaan isi kandungan mie instanoleh perusahaan produsen membuat kita khawatir. Dengan demikian siapkan selalukecap dan saus sambal sendiri daripada menggunakan kecap dan sambel bawaan mieinstant.

3. Mengurangi Pemakaian Bumbu Terlampir
Biasanya ada bumbu serbuk kering, bubuk lada dan minyak sayur untuk dicampurbersama dengan mie instant yang sudah masak. Namun untuk lebih aman gunakansaja 50% sampai dengan 75% bumbu-bumbu yang diberikan. Rasanya pun juga masihenak dan lama-lama bisa terbiasa dengan rasa yang tidak terlalu kuat.
 
4. Jangan Memasak Berkali-Kali di Air Rebusan Yang Sama
Biasanya pedagang penjaja mie instant baik yang di gerobak dorong maupunyang berada di warung-warung menggunakan panci yang sama dengan air rebusannyayang telah dipakai berulang-ulang kali untuk merebus mie sehingga airnyaterlihat sangat kental dan keruh akan air bekas rebusan mie instan. Sebaiknyapilih tempat yang selalu memasak dengan air baru atau minta rebus mienya denganair yang baru.

Sumber: http://organisasi.org