Sisi Lain

Food & Drink Blogs
Diberdayakan oleh Blogger.

20 Mar 2012

| 0 komentar
Sahabat! Apakah sobat termasuk penikmat kopi? Atau sobat hanya sekedar suka minum kopi? Ya atau tidak, sebenarnya saya hanya akan sedikit share bahwa ternyata seorang penikmat kopi sangat memperhatikan bagaimana cara menyeduh kopi.

Secara pribadi saya termasuk orang yang hanya sekedar suka minum kopi, sehingga tidak peduli pada tahap pembuatannya. Bila sudah disajikan kopi yang enak, cukuplah bagi saya. Tetapi ternyata tidak begitu dengan para pecinta kopi. Mereka akan mengamati dan menikmati berbagai tahapan dalam pembuatan kopi, dari membeli dan menyimpan kopi, menyeduh, menghirup aromanya sebelum menyecapnya, merasakan kehangatannya ketika memasuki tubuh, hingga mengenali cita rasa kopi.

Taukah sobat kalau ternyata dalam proses penyeduhan kopi ternyata dapat mempengaruhi cita rasa kopi yang khas?

Berikut ini Cara menyeduh kopi:
  1. Seduh kopi dengan air yang bersuhu 90 derajat, (air yang masih mendidih membuat kopimmenjadi terasa gosong lantaran air yang terlalu panas).
  2. Seduh kopi dengan menggunakan gelas/cangkir dari keramik atau kaca.
  3. Jangan meletakkan sendok didalam gelas, karena akan memberikan rasa logam pada kopi yang diseduh.
  4. Setelah diseduh diamkan kira-kira 5 sampai 10 detik hingga terlihat busa yang mengapung dipermukaan gelas.
  5. Aduk kopi dengan putaran rendah (pelan perlahan) kira-kira lima putaran searah, karena jika terlalu lama diaduk akan mempercepat penguapan, aroma khas akan sedikit berkurang.
Selamat mencoba

Baca juga:

0 komentar:

Posting Komentar

PENTING!
Komentar Sobat Menjadi Jalan Bagi Saya Untuk Mengunjungi Blog Sobat