Sisi Lain

Food & Drink Blogs
Diberdayakan oleh Blogger.

3 Des 2011

| 1 komentar
tongkonan
Tana Toraja, adalah salah satu kabupaten di Sulawesi Selatan. Tana toraja (tator) merupakan daerah obyek wisata yang terkenal dengan kekayaan budayanya dan merupakan salah satu daya tarik wisata Indonesia. Kabupaten ini didiami oleh Suku Toraja yang tetap mempertahankan gaya hidup yang khas Austronesia. Daerah ini mempunyai rumah adat bernama Tongkonan. Atap tongkonan terbuat dari bambu yang dibelah dan disusun bertumpuk, namun seiring waktu berjalan banyak yang telah menggunakan atap seng.

pa'piong (peong)
Menu khas yang dapat Anda cicipi jika berkunjung ke tana toraja adalah pa'piong. Kuliner ini sebenarnya juga dikenan di Kab. Enrekang (Suku Duri) dengan nama peong. Pa'piong adalah masakan tradisional yang dimasak dalam tabung bambu. Bahan dasar masakan ini adalah daging dengan campuran sayur dan bumbu. Daging yang biasa digunakan adalah daging Kerbau, daging Ayam, daging Babi atau daging Ikan Mas (daging tidak dicampur). Untuk sayuran kadang menggunakan buah nangka muda atau batang pisang. Sedangkan bumbu berupa garam, jahe, daun bawang dan cabe
 
Daging, sayur dan bumbu yang dicampur rata, dimasak dalam tabung bambu muda yang dibakar langsung di atas perapian. 

Namun jika anda ingin menikmati masakan ini, harap untuk mengetahui dulu asal usul bahan yang digunakan. Karena selain daging yang digunakan mungkin saja daging babi, dan meskipun menggunakan daging ayam atau kerbau sebagai bahannya, terkadang bahan tersebut dicampur dengan darah. yang telah dibekukan.

Jadi harap selektif menilih masakan atau kuliner jika berkunjung ke tana toraja.

1 komentar:

  1. Kayaknya lezat tuh, ... bikin ngiler aja, & jadi lapar nich b-( =))

    BalasHapus

PENTING!
Komentar Sobat Menjadi Jalan Bagi Saya Untuk Mengunjungi Blog Sobat